Penyakit Mata Katarak

Pencegahan penyakit matar katarak dilakukan dengan mengontrol penyebab yang berhubungan dengan katarak dan menghindari faktor-faktor yang mempercepat terbentuknya katarak. Cara pencegahan katarak yang dapat dilakukan diantaranya menggunakan kaca mata hitam, ketika berada diluar ruangan pada siang hari. Cara ini biasa mengurangi jumlah sinar ultraviolet yang masuk ke dalam mata. Selain itu, berhenti merokok juga bisa mengurangi resiko terjadinya katarak mata. Secara umum katarak adalah kekeruhan lensa yang babisanya bersofat progresif dan akan berakhir dengan hilangnya fungsi penglihatan, yang akan memberikan dampak secara medik, social dan keonomi bagi penderita. Penyakit mata katarak merupakan penyebab utama kebutaan di Indonesia dengan yang angka kebutaannya mencapai 1,4%. Oleh karena itu katarak menjadi problem di masyarakat karenamenimbulkan kebutaan. Tugas terpenting tenaga medis adalah member informasi yang benar mengenai buta katarak. Buta katarak masih bisa ditanggulangi dengan jalan operasi sehingga penderita dapat melihat kembali.

Faktor yang digunakan sebagai indikasi untuk operasi katarak antara lain adalah sangat mengganggu kegiatan sehari-hari, ganguan binokularitas dan sterepokopis, gangguan lapang pandang (cukup membahayakan), perubahan ukuran kacamata yang tepat, timbul komplikasi glaucoma. Untuk memudahkan penanganan penyakit mata katarak dibagi menurut indikasi operasi, yaitu imatur, matur, hipermatur. Imatur kekeruhan lensa yang belum menyeluruh, biasanya ditandai dengan visus yang masih lebih baik dari 3/60 tetapi sudah mulai mengganggu. Semakin tinggi kebuhan hidupnya, indikasi operasi semakin dini.

Apabila tidak ada faktor-faktor yang mendesak untuk dipertimbangkan’, maka operasi bisa ditunda sampai kelihan subjektif penderita sangat mengganggu. Matir: Kekeruhan lensa menyeluruh, ditandai dengan tajam penglihatan 1/60 atau persepsi warna (+) disertai suatu indikasi absolute untuk segera dioperasi. Hipermatur, kekeruhan  lensa menyeluruh disertai dengan klasifikasi lensa, komplikasi margagnian katarak, subkluksasi lensa, visus 1/300 persepsi warna  (+) atau (-), glaucoma sekunder. Indikasi absolute segera dioerasi bila persepsi warna masih (+) walaupun pra operasi visus kurang baik. Bila visus 0/persepsi warna (-): operasi katarak tidak anjurkan karena visus akan tetap nol.

Pengobatan penyakit mata katarak. Katarak merupakan problem di masyarakat yang menimbulkan kebutaan, tetapi bisa diatasi terutama dengan operasi. Penggunaan obat-obatan yang ada saat ini hanya bertujuan untuk memperlambat penebalan penyakit katarak. Operasi katarak bisa dikerjakan di mana saja, ditempat atau di ruangan yang cukup luas dan bersih. Penanganan operasi pada katarak bergantung pada indikasi yaitu untuk pemulihan visus. Bila tajam penglihatan sudah menurun sedemikian rupa sehingga mengganggu pekerjaan sehari-hari  atau katarak ini menimbulkan penyulit se[ert galukoma, uveitis, dan bila mengganggu kehidupan social atau indikasi medic lainnya.


=====================================

>>> Bilberry Eyebright Plus Membantu Pengobatan Katarak Mata, Mencegah dan Membantu Mengatasi Penyakit Mata Katarak, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Katarak Mata and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>