Penyebab Dan Cara Pengobatan Penyakit Mata Katarak

Penyebab Dan Cara Pengobatan Penyakit Mata Katarak – Paling sering yang menjadikan penyebab terjadinya katarak adalah karena usia bertambah dan adanya penyakit terkait yang dimiliki seseorang yang mempengaruhi mata yang menimbulkan gejala penyakit katarak, selain itu juga karena faktor genetika ( keturunan ).

Penyebab Dan Cara Pengobatan Penyakit Mata Katarak

Penyebab Dan Cara Pengobatan Penyakit Mata Katarak

Penyakit Katarak

Menurut data yang diperoleh penderita mata katarak paling banyak ditemui pada saat seseorang memasuki usia lanjut, bahwa lebih dari 90 % mereka yang berusia 65 tahun keatas menderita katarak dan sekitar 55 % mereka yang berusia 75-85 tahun keatas mengalami penurunan kemampuan penglihatan akibat dari gejala katarak. Katarak dapat diobati dan diperkecil, namun saat ini katarak masih menjadi faktor utama penyebab kebutaan di dunia.

Banyak diantara penderita penyakit mata katarak tidak menyadari bahwa dirinya mengalami gejala atau bahkan mengidap penyakit mata katarak. Gejala pada katarak berjalan begitu perlahan namun pasti akan membuat penglihatan seseorang menjadi kabur atau bahkan hilang. Seseorang baru akan mengetahui dan menyadarinya, apabila katarak tersebut telah memasuki stadium akhir setelah 3-5 tahun kemudian.

Pada mulanya penderita katarak mengalami beberapa gangguan kecil seperti penyakit mata lainnya seperti gatal-gatal pada mata, mata sering berair , jika pada malam hari mata mulai melemah dan tak mampu melihat dan tidak dapat menahan silau cahaya atau kontak langsung dengan cahaya, mata dan kepala akan langsung terasa sakit. Lambat laun mata akan menunjukkan noda putih pada bagian tengah lensa mata meski tidak seluruhnya menutupi lensa mata, noda putih atau katarak akan menutupi bagian lensa mata ketika katarak dinyatakan memasuki stadium akhir atau parah. Penderita katarak akan kehilangan kemampuan dalam penglihatan.

Gejala Katarak

Gejala atau tanda-tanda umum gangguan dari mata katarak, meliputi :

  1. Pandangan mata atau penglihatan terlihat samar atau kurang jelas sehingga tidak mampu melihat atau membaca objek
  2. Sensitif terhadap pancaran cahaya atau sinar
  3. Jika melihat objek benda atau cahaya hanya dengan satu mata saja, objek atau cahaya terlihat seperti ganda / double.
  4. Dibutuhkan pencahayaan yang cukup terang untuk dapat membaca dan melihat
  5. Lensa mata dirasakan seperti buram atau seperti kaca susu

Katarak tidak hanya terjadi pada mereka yang berusia lanjut saja, katarak juga dapat mengidap pada bayi karena sang ibu terinfeksi virus pada saat hamil. Penyebab Dan Cara Pengobatan Penyakit Mata Katarak ialah :

1. Faktor keturunan

2. Cacat bawaan sejak lahir.

3. Masalah kesehatan, misalnya teridentifikasi penyakit diabetes.

4. Penggunaan obat tertentu, khususnya steroid.

5. Mata tanpa pelindung terkena sinar matahari dalam waktu yang cukup lama.

6. Pernah melakukan operasi mata sebelumnya

7. Pernah mengalami trauma akibat kecelakaan yang mengenai bagian sekitar mata

Penyebab Dan Cara Pengobatan Penyakit Mata Katarak Secara Medis

Secara medis untuk mengobati katarak adalah dengan operasi dengan cara lapisan mata diangkat dan diganti dengan lensa mata yang baru ( buatan / lensa intraokuler ). Namun operasi tersebut tidak menjamin 100 % sembuh. Adapula operasi dengan menggunakan sinar laser. Semua cara pengobatan atau langkah dengan operasi semua bergantung pada kemampuan ekonomi pasien itu sendiri, karena operasi mata katarak ini membutuhkan biaya yang cukup banyak dan mahal. Biaya yang dibutuhkan untuk sekali melakukan operasi mata katarak saat ini adalah Rp. 5.000.000 untuk 1 mata, jika di tahun sebelumnya sebesar Rp. 3.750.000 dan ditambah dengan biaya pembelian obat yang harus diminum rutin serta pemeriksaan kembali pasca operasi, tentunya hal ini menjadi pertimbangan yang cukup berat bagi penderita katarak yang tidak mampu melakukan pengobatan terbaik. Tak ayal di Indonesia penderita katarak semakin meningkat sekitar 240.000 jiwa per tahunnya, salah satunya faktor biaya tersebut serta perawatan ekstra yang juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Selain itu pasien yang telah mengetahui Penyebab Dan Cara Pengobatan Penyakit Mata Katarak operasi mata katarak, harus menggunakan kacamata pelindung mata diganti dengan menggunakan kacamata hitam dari plastik setelah 2-3 selesai operasi, kacamata tersebut dikenakan ketika anda hendak tidur. Masa perawatan untuk pemulihan kembali mata pasca operasi membutuhkan waktu paling lama 1 – 1,5 bulan dan paling singkat adalah 1 minggu. Namun semua itu tergantung pada kondisi katarak dan jenis operasi yang dilakukan, tentunya semua itu dibutuhkan kedisplinan dan kesabaran dalam masa perawatan jika ingin mendapatkan hasil yang diinginkan.

Jika penyakit katarak mata dibiarkan begitu saja maka lama kelamaan akan menimbulkan komplikasi yang terjadi misalnya adalah seperti penyakit mata glaukoma dan juga uveitis. Glaukoma merupakan salah satu jenis penyakit yang ditandai dengan suatu peningkatan yang tidak normal pada tekanan intraokuler yang bisa mengakibatkan terjadinya atrofi pada saraf optik dan juga terjadi kebutaan jika tidak segera diatasi. Uveitis merupakan salah satu bentuk peradangan yang terjadi dan merupakan salah satu struktur frajtus dari uvea. Pemeriksaan fisik yang dilakukan adalah inspeksi mata yang akan terlihat suatu pengembunan misalnya seperti mutiara yang berwarna keabuan pada bagian pupil sehingga bagian retina mata tidak akan napak dengan oftalmoskop. Pada penyakit katarak mata biasanya akan terlihat berwarna hitam pada refleks fundus disaat mata sedang diperiksa dengan menggunakan oftalmoskop direk.

Penyebab Dan Cara Pengobatan Penyakit Mata Katarak


=====================================

>>> Bilberry Eyebright Plus Membantu Pengobatan Katarak Mata, Mencegah dan Membantu Mengatasi Penyakit Mata Katarak, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Katarak Mata and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>